KRITIK ARSITEKTUR “PENATAAN PAPAN REKLAME PADA BANGUNAN DI JALAN MARGONDA RAYA ”

image002image008

ABSTRAKSI

Penulisan ini dilatar belakangi Kota depok merupakan kota yang akan terus berkembang. Di sekitar Jalan margonda merupakan salah satu kemajuan yang ada di kota depok. Hal tersebut menjamurnya pembangunan berbasis bisni di kota depok salah satunya dijalan margonda. Hal tersebut menyebabkan banyaknya papan iklan untuk menarik konsumen. Kepedulian akan kota depok menjadikan menyebabkan penulis untuk mengkritisi salah satu permsalahan yang ada di kota depok khusunya papn iklan di jalan margonda. Tujuan penulisan ini untuk memberikan masukan mengenai salah satu permasalah yang ada di kota depok.  Serta memeberikan solusi unutu permasalahan tersebut. penulisan ini menggunkan metode studi pustaka dimana bahan bahan di cari melalui media elektronik. Objek penulisan ini adalah papan iklan yang ada di kota depok khusunya jalan margonda. kesimpulan penulisan ini  bahwa jalan raya margonda memiliki permsalahan yaitu papan iklan dimana banyaknya papan iklan yang tidak di atur keberadaannya. Dengan adanya kemajuan teknologi penggunaan papan iklan dapat di moderenisasi seperti kota yang terlah dijelaskan tersebut.

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Kota depok merupakan kota yang akan terus berkembang. Di sekitar Jalan margonda merupakan salah satu kemajuan yang ada di kota depok. Hal tersebut menjamurnya pembangunan berbasis bisni di kota depok salah satunya dijalan margonda. Hal tersebut menyebabkan banyaknya papan iklan untuk menarik konsumen. Kepedulian akan kota depok menjadikan menyebabkan penulis untuk mengkritisi salah satu permsalahan yang ada di kota depok khusunya papn iklan di jalan margonda

RUMUSAN MASALAH

apa definisi papan iklan / relame ?

bagaimana papan iklan atau reklame yang ada di jalan margonda ?

permasalahan apa terkait papan iklan / reklame ?

 

TUJUAN

Menjelaskan definisi papan iklan/ reklame

Memberi masukan mengenai permasalahan terkait papan iklan/ bilnoard

Mencari  solusi permsalahan

KAJIAN TEORI

DEFINSI PAPAN REKLAME

Papan reklame atau Billboard yang merupakan bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang. Billboard termasuk model reklame media luar ruang yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun cukup pesat. Sekarang di zaman era digital ini, billboard pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah istilah yang disebut dengan Papan Merek Digital.

Papan reklame atau Billboard merupakan salah satu media luar ruang atau papan reklame yang dalam satu dekade terakhir telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban dunia khususnya Indonesia, yang memiliki tujuan menyampaikan pesan mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yang ingin mendongkrak popularitas. Sebuah kelebihan pada papan reklame dibandingkan dengantelevisi atau radio adalah kegiatan penyampaian pesan kepada khalayak yang berlangsung selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 30 hari dalam sebulan.

Di Indonesia, billboard punya definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen. Jadi papan iklan di atas toko pun masuk kategori billboard.

 

SEJARAH PERIKLANAN

Periklanan (advertising) diawali dengan munculnya teknologi cetak atau mesin cetak pada tahun 1438 oleh Johannes Gutenberg, yang memunculkan media iklan baru saat itu yaitu dengan menggunakan kertas. Media yang dapat diproduksi secara massal, misalnya dalam bentuk handbill (selebaran iklan). Munculnya media koran juga menumbuhkan ruang iklan baru, yang pertama kali di inisiasi pada tahun 1625. Iklan di surat kabar pertama di Amerika muncul pada Boston Newsletter pada tahun 1704. Perkembangan terbaru media luar ruang terjadi pada Papan reklame atau Billboard yang merupakan bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang. Billboard termasuk model reklame media luar ruang yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun cukup pesat. Sekarang di zaman era digital ini, billboard pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah istilah yang disebut dengan Papan Merek Digital.

FUNGSI PAPAN REKLAME

fungsi papan reklame sebagai berikut :

  1. Sebagai media promosi di luar ruangan
  2. Untuk memeperkuat, mengingatkan atau memperkenalkan suatu brand
  3. Menampilkan informasi dalam sekejap mata
  4. Memberikan penekanan pada orang yang melihat agar mengetahui produk
  5. Sebagai media informasi yang diperutukkan bagi khalayak atau konsumen
  6. Memperlihatkan secara langsung atau tidak langsung objek yang ingin di promosikan

JENIS JENIS PAPAN REKLAME / BILBOARD

Jenis – jenis papan reklame antara lain :

Baliho.
Selain billboard, di Indonesia juga dikenal dengan sebutan baliho. Perbedaannya terletak pada permanen atau tidaknya tempat billboard itu berdiri. Jika tempatnya (berupa konstruksinya) sementara atau semi permanen maka billboard tersebut disebut baliho. Baliho bahannya bisa berupa kayu, logam, kain, fiberglas dan sebagainya. Isinya merupakan informasi jangka pendek mengenai acara (event) tertentu atau kegiatan yang bersifat insidentil.

Megatron.
Jika sebuah billboard yang sesuai dengan kemajuan era masa digital ini sudah menggunakan tampilan elektronik berupa gambar bergerak gerak, maka billboard tersebut sudah termasuk media reklame modern yang disebut dengan megatron.
Videotron
Dan jika sebuah billboard yang sudah sangat mengikuti kemajuan masa era digital terkini yang mana menampilkan isi iklan berupa gambar film atau video digital sebagai media utamanya, maka media reklame ini sudah disebut dengan videotron.

 

 

 

 

 

ISI & PEMBAHASAN

Jalan margonda adalah jalan utama di kota depok untuk menuju kota jakarta.  jalan terbut menjadi salah satu pusat bisnis yang ada di kota depok dimana di sepanjang jalan margoda terdapat banyak pertokoan atau ruko. Sehingga di tiap toko atau ruko membuat  papan iklan atau reklama di depan tokonya untuk menarik konsumen ke tokonya.

image006

Gambar jalan raya margonda

Namun, pemasangan papan iklan tersebut malah menjadi masalah baru di dalam kota yaitu semerautnya berbagai papan iklan yang dipasang di depan ruko atau toko. Uraian tersebut dapat dilihat pada gambar bawah ini. semerautnya papan iklan atau reklame tersebut dikarenakan tidak adanya aturan papan reklame atau iklan baik besar, baik segi letak, ketinggiannya dll.

image008

Gambar pertokoan di jalan margonda

Dari gambar tersebut dapat digambarkan bahwa papan iklan atau reklame perlu di pertimbangkan dalam pemasangan. Perngaruh pemsangan papan iklan juga dapat mempengaruhi  fasade sebuah bangunan. maka sangat di sangkan jika sebuah bangunan yang sudah  bagus harus rusak tampak bangunannya di karenakan adanya papan iklan atau reklame yang menghalangi. Selain itu papan reklame di jalan margonda masih menggunakan cara lama yaitu menggunakan kain atau hasil percetakan. Sehingga apabila iklan reklame terlalu lama di pasang maka papan reklame tersebut akan terlihat kotor akibat terkena cuaca.

 image007

Solusi

Untuk solusi permasalahan tersebut maka dapat membuat papan iklan dengan yang lebih modern serta diaturnya papan iklan baik dari segi ukuran letak dan laian lain. Salah satu cohtohnya seperti kota kota berikut :

  1. Kota shibuya , jepang

Shibuya adalah salah satu distrik khusus kota TokyoJepang. Distrik kota ini didirikan pada 15 Maret 1947. Pada tahun 2008, distrik kota ini mempunyai populasi sekitar 208.371 jiwa dan kepadatan penduduk 13.337,13 orang per km². Luas wilayah adalah 15.11 km².

image010

  1. Kota tokyo , jepang

Tokyo adalah ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).

Sekitar 12 juta orang tinggal di Tokyo dan ratusan ribu lainnya berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan berbisnis di Tokyo. Tokyo adalah pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis di Jepang serta tempat tinggal kaisar Jepang dan kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh Asia Timur.

Tokyo mempunyai jauh lebih sedikit gedung pencakar langit dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan konstruksi gempa buminya. Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6 hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sempit. Tokyo juga merupakan lokasi sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.

image011

  1. Kota shinjuku & ginza , jepang

Shinjuku adalah pusat perniagaan dan pemerintahan, sekaligus lokasi salah satu stasiun pergantian(interchange) transportasi umum terbesar di Tokyo, Stasiun Shinjuku. Shinjuku adalah tempat di mana Kantor Pemerintah Metropolitan Tokyo, gedung tertinggi di Tokyo, berada. Shinjuku dapat dibilang adalah ibukotanya Tokyo. Selain itu terdapat department store, bioskop, hotel dan bar.

Suasana distrik Shinjuku pada siang hari, berbagai macam baliho, spanduk, billboard menawarkan berbagai macam produk.

image013

  1. Kota new york

New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat, dan pusat wilayah metropolitan New York yang merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Sebuah kota global terdepan, New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. Sebagai tempat markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting. Kota ini sering disebut New York City atau City of New York untuk membedakannya dari negara bagian New York, tempat kota ini berada.

 

 image015

 

 

 

 

 

 

PENUTUP & KESIMPULAN

 

KESIMPULAN

dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulakan bahwa jalan raya margonda memiliki permsalahan yaitu papan iklan dimana banyaknya papan iklan yang tidak di atur keberadaannya. Dengan adanya kemajuan teknologi penggunaan papan iklan dapat di moderenisasi seperti kota yang terlah dijelaskan tersebut.

 

SARAN

Saran dari penulis antara lain :

  1. Memodernkan papan iklan
  2. Menbuat peraturan terkait penataan papan iklan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://damaruta.blogspot.co.id/2014/10/apakah-papan-reklame-billboard-itu.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Papan_reklame_hijau

http://mediareklame76.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-media-reklame-billboard.html

http://wajahilmu.blogspot.com/2015/01/definisi-dan-fungsi-billboard.html

http://www.mobgenic.com/2013/09/23/gemerlap-cahaya-warni-warni-kehidupan-malam-di-jepang/

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_New_York

www. Google. Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s